Ahad, 31 Mei 2015

Pembebasan Kota Konstantinopel oleh Sultan Mohammad Al- Fateh (29 MEI 1453)

Pada hari ini 29hb Mei 1453, 562 tahun yang lalu, Sebaik-baik raja yang memimpin sebaik-baik tentera telah berjaya membuka kota Konstantinopal.
share dari link fb ~ Bahagian Dakwah, JAKIM



HARI INI DALAM SEJARAH


>>Pembebasan Kota Konstantinopel oleh Sultan Mohammad Al- Fateh (29 MEI 1453)<<<


"Sejak Rasulullah s.a.w mengungkapkan bahawa nanti Kota penting ini akhirnya akan jatuh di tangan seorang pemerintah yang terbaik, memimpin tentera yang terbaik sepanjang zaman, telah banyak percubaan dibuat untuk menawan kota ini, namun tidak berjaya. Sahabat seperti Abu Ayub al Ansari juga telah berusaha dan mereka telah mengepung kota ini selama tujuh tahun, tetapi masih gagal.



Hanya 800 tahun selepas sabda Nabi yang Mulia itu, sabda yang menakjubkan ini menjadi kenyataan. Sultan Muhammad bin Murad yang kemudian lebih masyhur dengan gelaran Sultan Muhammad al Fatih telah memulakan pengepungan ke atas Konstantinapole pada hari Khamis, 5 April 1453 dan berjaya membuka kota ini pada 29 Mei 1453" 


credit: Blog Dr Abdul Basit Haji Abd Rahman

blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

LANGSING - MUDAH DAN MURAH DENGAN ASAM GELUGUR

share dari link blog ~ http://muamalatmurni.blogspot.com/2014/01/langsing-mudah-dan-murah-dengan-asam.html?m=1
Khasiat Buah Asam Gelugur

(PETUA MELANGSINGKAN BADAN)

POKOK ASAM GELUGUR

Asam gelugur yang Nama Botaninya Garcinia Cambogia - juga dikenali sebagai 

Garcinia atroviridis, asam gelugo, atau asam keping dalam bahasa Malaysia, 
Tumbuhan liar ini didapati di banyak tempat di Asia dan Malaysia terutama 
dijadikan sebagai sumber ekonomi dan mempunyai nilai perubatan sejak turun 
temurun.

Kandungan Khasiat Buah Asam Gelugur/Keping

Buahnya berwarna kekuningan berbentuk seperti buah labu. Selalu digunakan 
dalam beberapa jenis masakan, seperti laksa masakan asam pedas, dsb. Ianya 
juga baik untuk mengurangkan berat badan dan kegemukkan.

Ekstrak garam kalsium Acid Hydroxy Citric (HCA) daripada asam gelugor 
terhasil dari air buahnya. Ia tidak bertoksik (beracun), tanpa perasa, 
serbuknya tidak berbau dijadikan sebagai herba alternatif yang amat 
berkesan untuk mengawal kegemukan dan kolestrol. HCA bertindak mengekang, 
menghalang dan menghadkan pengumpulan asid-asid lemak dan kolestrol 
(lipogenesis) dalam badan. Kandungan asam gelugor terdiri daripada unsur 
aktif 50% dan 70% HCA.























BUAH ASAM GELUGUR

Kandungan lain buah ini adalah Asid Citric seperti , tartaric, malic dan asid 
ascorbic , acid hydroxy citric , dan flavonoids. Bila dipotong nipis dan dikeringkan
dibawah matahari dipanggil sebagai “Asam Keping” ia dugunakan dalam penyediaan 
beberapa jenis masakan dan rasanya amat masam. 

Sejarah Kegunaan dan Kandungan Asam Gelugur

Garcinia Cambogia amat baru bagi dunia herba Barat, tapi ia telah 
digunakan beribu tahun dahulu di kawasan Asia sebagai bahan masakan. 
Ia juga digunakan sebagai ubat menghilangkan selera makan, menghadkan 
penyerapan dan pembentukan lemak, kolestrol dan pegumpulan lemak 
(triglycerides). Dalam perkataan lain Pembantu Pemakanan.

Boleh dipercayai dan sentiasa bertepatan dengan maklumat saintifik 
menunjuk bertapa besarnya faedah kepada kesihatan. Kajian menunjukkan 
HCA membantu mereka yang bermasalah seperti ;

1. Mereka yang mengamal berat badan mendatar
2. Mereka yang mahu mengurangkan berat badan
3. Mereka yang terlalu gemuk

Buah Asam Gelugur bukan jenis makanan pemakanan, maka ia tidak disabitkan 
dengan kekurangan zat pemakanan.

ASAM GELUGUR KEPING YANG DIKERINGKAN
Berapa banyakkah yang perlu dimakan?

Asam gelugur yang kini semakin digunakan secara meluas untuk produk mengurangkan
 berat badan di Eropah. Jumlah yang baik bagi pengambilah HCA tidak 
diketahui, walau bagaimanapun pengamal pengawal berat badan mencadangkan 
500 mg HCA diambil 3 kali sehari sebelum makan, jumlah yang terlalu rendah 
dibandingkan dengan yang digunakan dalam uji kaji keatas binatang (berdasarkan 
per kilo berat badan asas).

Kesan HCA lebih memberangsangkan jika diambil dengan pemakanan rendah 
lemak kerana HCA tidak melakukan apa apa untuk mengurangkan kesan 
kalori pada pemakanan lemak. Tindak balas mekanisma HCA adalah hanya 
sebahagian sahaja menghalang penukaran gula asas (simple sugars) 
kepada lemak, tapi ia amat sesuai dan berkesan apabila diambil dengan 
gula asas yang tinggi. Pemakanan yang tinggi serat menyebabkan 
kerosakan Peyerapan HCA seperti  dinyatakan sebelumnya.

Unsur utama dalam Asam Gelugur ialah  ‘Acid Hydroxyl Citric’ (HCA). 
Dalam kiraan asas harian, HCA terbentuk dari 20-30% buah-buah kecil 
(berry).  HCA yang terkandung di dalam asam gelugur pernah menjadi 
kajian saintis pemakanan. Terbukti ia sangat berkesan membantu mengekang
nafsu makan dan menggalakkan penguraian lemak dalam tubuh manusia dan haiwan.

Rangsangan kehilangan berat badan menerusi dua cara asas :

1. Menyekat selera
Penemuan terbaru mendapati melalui cara peningkatan tahap kimia 
tertentu dalam otak seperti serotonin, pengatur kepada pengawalan 
selera, HCA juga dikatakan mungkin mampu menyekat selera makan.

2. Menghalang pembentukan lemak asid (lipid synthesis)
HCA bertindak menghalang penukaran makanan bergula dan berkanji 
kepada lemak. Ini bermakna HCA dikatakan dipercayai mampu membantu 
menyekat penghasilan lemak.

Mekanisma terkini berdasarkan dari fahaman penolakan lemak oleh pembentukan
 orgarnisma semulajadi atau mekanisma gangguan pembentukkan lemak 
metabolisma yang menghasil dan mengekalkan kegemukan.


Buah Gelugur dan fisiologinya :

Bahan aktif, asid hydroxycitric (HCA) diekstrak dari kulit buah gelugur sebagai 
bahan menggalak pengurangan berat badan. Kajian telah membuktikan HCA 
mengurangkan aktiviti penting enzim dalam metabolisma lemak. Penukaran 
karbohidrat ke lemak memerlukan enzim yang dipanggil Citrate Lyase. 
HCA untuk seketika melambatkan tindak balas enzim, menghalang pembentukan 
asid lemak menyebabkan kurang lemak tersedia untuk peyimpanan sel sel.

Kegunaan Dan Khasiat Buah/Asam Gelugur :

1. Mengecutkan Rahim & Menurunkan Berat Badan
Amalan meminum air asam gelugur semasa berpantang dipercayai untuk 
mempercepatkan proses mengecutkan rahim. Selain itu amalan tersebut juga 
dikatakan mampu menurunkan berat badan. Ianya kini digunakan secara 
meluas untuk produk mengurangkan berat badan di Eropah.

PETUA 1  
a). Ambil satu atau 2 keping asam keping dan masukkan ke dalam
     segelas air panas..
b). Biar beberapa jam sehingga asam keping menjadi kembang & air  
     menjadi suam.
c).  Minum setiap pagi dan malam.
d). Jika di amalkan selalu In sha Allah perut buncit akan mengempis

PETUA 2  
a). Bilas 3 keping asam gelugor dengan air bersih,
b). Masukkan dalam bekas minuman (botol air/tupperware 500ml-    
     1liter) rendamkan dalam air panas - TIDAK PERLU TAMBAH GULA.

Setelah suam, minum seperti minuman biasa, perlu diminum sentiasa. 
Sekiranya air habis cuba tambahkan air lagi. Jika hilang rasanya tukarkan 
dengan asam keping baru.

2. Mengubati Masalah Penghadaman
Amalan Perubatan India kuno (Ayurveda) bagi ianya digunakan untuk mengatasi 
masalah penghadaman, rawatan cacing, parasit, tumor dan cirit-birit berdarah.

3. Merawat Masalah Perut
Air rebusan kulit buah asam gelugur juga dikatakan mampu digunakan untuk 
merawat reumatisme dan masalah dalam perut.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Selain itu buah tersebut dikatakan berupaya mengurangkan tekanan darah tinggi.

5. Merawat Sakit Telinga
Perubatan Melayu zaman dahulu menggunakan rebusan air daun dan akar 
asam gelugur untuk menyembuhkan sakit telinga melalui titisan ke dalam telinga.

6. Melegakan Sakit Gusi

Buah asam gelugur juga dikatakan mampu melegakan kesakitan gusi. 
Caranya adalah dengan mengambil sekeping asam gelugur dan kemudian 
basuh hingga bersih sehingga menjadi sedikit lembut. Tampal atau selitkan 
di celah-celah antara gusi dan bahagian pipi selama 10 hingga 15 minit. 
Kemudian kumur dengan air suam. 

blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

KEK LAPIS WINTER SONATA

share dari link fb ~ Kerja Dari Rumah

KEK LAPIS WINTER SONATA

Bahan-Bahan:
20 biji putih telur 
16 oz. mentega 
1½ gelas tepung jagung 
1½ gelas tepung jagung 
1 gelas gula kastor 
½ gelas serbuk coffee Mate 
1 tin kecil Nestle Reduced Cream 
1 sudu makan perisa vanilla 
1 sudu makan ovalette 
1 sudu teh butter oil 
3oz air sejuk 
Pewarna Kuning dan hijau Muda 
Cara:
1. Pukul mentega hingga naik dan putih, ketepikan. 
2. Pukul putih telur dengan gula sampai kembang dan sebati. 
3. Lepas itu campurkan kedua-dua adunan itu lalu digaul rata. 
4. Kemudian itu masukkan tepung jagung, tepung Hong Kong dan ovalette, gaul 
rata-rata. 
5. Akhir sekali masukkan air sejuk serta gaul hingga ia sebati. Selepas itu, 
bahagikan adunan itu kepada 3 bahagian iaitu: 
-bahagian I - Nestle Reduced Cream dan butter oil (dibahagi 2) 

-bahagian II - Serbuk coffee Mate dan perisa vanilla serta warna hijau muda 

-bahagian III - warna kuning 

6. Lapis adunan I dahulu yg dibahagi tadi sampai masak, bila ia masak, lapiskan adunan II sebanyak 4 sudu makan 
7. Bakar hingga masak dan bila masak, lapiskan pula adunan III sebanyak 4 sudu makan, juga sampai masak 
8. Buatlah begitu berlapis-lapis hingga habis dan masak untuk adunan II dan III 
dan apabila ia masak kesemuanya barulah lapis adunan terakhir iaitu adunan I 
tadi utk penutup kek ini, bakarlah sampai ia masak dan teratur.
blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

Resepi Biskut Luscious Hazelnut Oat

share dari link fb ~ Pusat Borong Biskut Raya Online

Resepi Biskut Luscious Hazelnut Oat

Bahan-bahan:

Bahan A:
120gm butter
1 sudu besar shortening

80gm gula kastor
1/4 sudu teh orange paste

Bahan B:
30gm oat dikisar
30gm coco crunch kisar
15gm serbuk hazelnut
1/4 sudu teh soda bikarbonat
1/8 sudu teh garam
130gm tepung superfine (saya guna tepung gandum)
30gm tepung jagung
1sudu besar tepung beras

Hiasan :
Putih telur

Oat
Dark cooking chocolate
Papercup

Cara membuatnya:

1. Sebatikan semua bahan A.
2. Masukkan semua bahan B
3. Ambil adunan dan sukat 1 sudu teh
4. Bentukkan bujur
5. Golekkan dalam putih telur
6. Salut dengan oat
7. Bakar sehingga masak (sebaiknya suhu 130 -1 40 degree selama 30 minit -45 minit)
8. Setelah sejuk celup separuh biskut dengan dark cooking chocolate
9. Letakkan dalam papercup

blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

Jom hilangkan bintik hitam di kulit muka!

share dari link blog ~ http://www.merahbiru.net/2014/08/tips-mudah-hilangkan-bintik-bintik.html

Jom hilangkan bintik hitam di kulit muka!

-Potong separuh buah lemon,
-tuangkan 3 atau 4 titik madu ke buah lemon tersebut dan gosokkan ke muka anda.
-Biarkan campuran selama 5 minit sebelum membasuh muka anda dengan air sejuk.

Air dari buah lemon turut membantu mengurangkan tanda-tanda di muka manakala madu pula adalah pelembap semulajadi yang berkesan...SELAMAT MENCUBA !!!


blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

RESEPI AYAM GRILL MUSHROOM SOS

share dari link fb ~ Kerja Dari Rumah

RESEPI AYAM GRILL MUSHROOM SOS
Bahan-Bahan (Ayam Grill)
1 ekor ayam (potong 4) 
1 kiub ayam
2 sudu besar sos tiram
2 sudu besar kicap manis
3 ulas bawang putih (tumbuk kasar)
1cm halia(tumbuk kasar)
sedikit serbuk lada hitam kasar , oregano
Sedikit olive oil/minyak masak

Cara-caranya:-

Bersih ayam dan lap dengan kitchen towel.

Bahagian dada/isi cucuk2 sedikit dengan garfu/apa2 yg tajam supaya bahan perapan meresap ke dalam ayam.Kalau nak kelar pun boleh juga.

Lumurkan kepingan ayam dengan kiub ayam lada hitam dan lada sulah.LiNa Pg guna 1 kiub ayam sebab ayam saiz besar.Kalau ayam kecil atau yg debond guna setengah jer (agak2)

Gaulkan pula dengan sos tiram dan kicap manis.

Akhir sekali gaulkan daging dengan bahan tumbuk.

Letakkan sedikit olive oil supaya ayam tak kering.

Perap daging paling kurang selama 1 jam.Tapi saya suka perap semalaman supaya segala bahan perapan meresap ke dalam ayam...memang best

Bakar daging sehingga masak.Lina pg guna pan jerr..gunakan api kecil supaya daging masak sekata dan tidak hangus

RESEPI MUSHROOM SOS
Bahan-Bahan
Cendawan butang
1 tin kecil Prego Carbonara Cendawan
Sedikit kiub ayam
1 ulas bawang putih (cincang halus)
1/2 tin air (guna tin prego tu)
Sedikit minyak

Cara-Caranya:-
Cendawan butang dibersihkan dan hiris nipis
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih hingga wangi dan sedikit kuning.
Masukkan hirisan cendawan tumis hingga layu.
Masukkan sos carbonara.Tambah air.
Masukkan kiub ayam.Masuk sedikit jer.Kacau hingga pekat.
Sesuaikan rasa.Tutup api

P/s: Terima kasih sudi membaca & share. Jangan lupa tag nama kekawan uollss dalam komen.

Sumber : Resepi Sheila Rusly

Kalau Nak Share SILA Komen“SAYA SHARE”Mohon Kerjasama tq
(Supaya fanpage lebih aktif di News Feed Anda)

Ingin Menu yang lazat ada 1001 menu yang lazat menanti anda !!! Sila follow and like page ini >>>https://www.facebook.com/jomkerjadarirumah

blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

Ini rupanya Hikmah Tidak Mencabut Uban di kepala yang ramai tidak tahu??? (Mengapa Rasulullah Melarang Kita Mencabut Uban?)

 
share dari link blog ~ http://www.sportmusang.com/2015/05/ini-rupanya-hikmah-tidak-mencabut-uban.html

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, "Janganlah mencabut uban kerana uban adalah cahaya pada hari  kiamat nanti.  Siapa saja yang beruban dalam ISLAM walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu darjat." (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Sahihnya. (Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahawa sanad hadis ini hasan) 

"Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban, walaupun sehelai dalam Islam melainkan setiap ubannya dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan darjatnya."

"Janganlah mencabut uban.  Tidaklah seseorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti." (HR, Abu Daud dan An Nasa'i)

Para ulama Syafi'i berpendapat bahawa hukum mencabut uban adalah makruh.

Larangan mencabut uban termasuk yang berada di misai/kumis, janggut, alis dan kepala.  

Wallahuallam.
Mengapa Rasulullah Melarang Kita Mencabut Uban?
share dari link blog ~ https://www.islampos.com/mengapa-rasulullah-melarang-kita-mencabut-uban-10125/

SELALU ada yang tak pernah terpikirkan oleh akal biasa kita sebagai manusia yang hidup di zaman penuh teknologi kita menyangkut hampir semua perintah Rasulullah yang menyangkut ilmu pengerahuan. Misalnya saja, larangan seorang Muslim yang tidak boleh minum sambil berdiri. Atau harus tidak dengan posisi tertentu. Begitu juga dengan keajaiban yang tersimpan di setiap helai rambut yang sudah memutih, alias uban.
Hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban—walaupun sehelai—dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya,” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah, yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban, dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadits yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia.”
Lalu Ibnu Hibban membawakan hadits berikut. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat,” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).
Nah, di tahun 2012, Ismael Galvan Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol melakukan studi, tentang uban. Dari hasil para peneliti itu, ternyata uban merupakan tanda Anda akan memiliki hidup panjang dan sehat. Namun kabar buruk bagi Anda yang memiliki rambut merah, karena ini terkait tingkat yang lebih tinggi untuk mengidap kanker.
“Pada manusia, melanin kulit, rambut dan bulu merupakan jenis yang sama. Hal ini membatasi pengetahuan pada konsekuensi fisiologi pigmentasi,” kata Galvan.
Uban menandakan absennya melanin. Artinya, uban merupakan tanda hidup yang sehat.
“Jauh dari tanda terkait penuaan, uban mengindikasikan kondisi yang baik,” pungkasnya. Jadi, Anda sudah berubah? Subhanallah… 
Hukum Mencabut Uban
share dari link blog ~ http://rumaysho.com/umum/hukum-mencabut-uban-789.html

Alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.
Sangat wajar jika seseorang menginjak usia senja, muncul pada kepala, wajah atau jenggotnya rambut putih, alias uban. Itulah fase kehidupan yang akan dilewati oleh setiap insan sebagaimana firman Allah Ta’ala,
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفاً وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ
Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)
Kadangkala memang kita ingin menghilangkannya, mencabutnya, atau mengganti warnanya dengan warna lain. Namun alangkah bagusnya jika setiap tindak-tanduk kita didasari dengan ilmu agar kita tidak sampai terjerumus dalam kesalahan dan dosa. Sebuah petuah bagus dari Mu’adz bin Jabal yang harus senantiasa kita ingat:
العِلْمُ إِمَامُ العَمَلِ وَالعَمَلُ تَابِعُهُ
Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan berada di belakang ilmu.” (Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, Ahmad bin ‘Abdul Halim Al Haroni, hal. 15)
Jadi dalam masalah uban ini, marilah kita ikuti petunjuk syari’at Islam yang suci nan sempurna. Dengan mengikuti petunjuk inilah seseorang akan menuai kebahagiaan. Sebaliknya, jika enggan mengikutinya, hanya mau memperturutkan hawa nafsu semata dan menuruti perkataan manusia yang mencocoki hawa nafsu tanpa ada dasar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, niscaya orang seperti ini akan binasa.
Allah Ta’ala berfirman,
وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ
Dan jika kamu ta’at kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.” (QS. An Nur: 54)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ
Berpegangteguhlah dengan ajaranku dan sunnah khulafa’ur rosyidin yang mendapatkan petunjuk (dalam ilmu dan amal). Pegang teguhlah ajaran tersebut dengan gigi geraham kalian.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban. At Tirmidizi mengatakan hadits ini hasan shohih. Syaikh Al Albani mengatakan hadits inishohih. Lihat Shohih At Targhib wa At Tarhib no. 37)
Salah seorang khulafa’ur rosyidin dan manusia terbaik setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu mengatakan,
لَسْتُ تَارِكًا شَيْئًا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَعْمَلُ بِهِ إِلَّا عَمِلْتُ بِهِ إِنِّي أَخْشَى إِنْ تَرَكْتُ شَيْئًا مِنْ أَمْرِهِ أَنْ أَزِيْغَ
Aku tidaklah biarkan satupun yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan kecuali aku mengamalkannya karena aku takut jika meninggalkannya sedikit saja, aku akan menyimpang.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Ulama yang sudah tersohor namanya di tengah-tengah kita, yakni Imam Syafi’i mengatakan,
أجمع المسلمون على أن من استبان له سنة عن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم لم يحل له أن يدعها لقول أحد
Kaum muslimin sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya karena perkataan yang lainnya.” (Madarijus Salikin, 2/335, Darul Kutub Al ‘Arobi. Lihat juga Al Haditsu Hujjatun bi Nafsihi fil ‘Aqoid wal Ahkam, Muhammad Nashiruddin Al Albani, hal. 79, Asy Syamilah)

Uban adalah Cahaya Bagi Seorang Mukmin

Al Baihaqi membawakan sebuah pasal dengan judul “larangan mencabut uban”. Lalu di dalamnya beliau membawakan hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الشيب نور المؤمن لا يشيب رجل شيبة في الإسلام إلا كانت له بكل شيبة حسنة و رفع بها درجة
Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban –walaupun sehelai- dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah -yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban- dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadits yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia.” Lalu Ibnu Hibban membawakan hadits berikut.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا تنتفوا الشيب فإنه نور يوم القيامة ومن شاب شيبة في الإسلام كتب له بها حسنة وحط عنه بها خطيئة ورفع له بها درجة
Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Uban Tidak Boleh Dicabut

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,
لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Hukuman bagi orang yang mencabut ubannya adalah kehilangan cahaya pada hari kiamat nanti. Dari Fudholah bin ‘Ubaid, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَانَتْ نُورًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَ ذَلِكَ فَإِنَّ رِجَالًا يَنْتِفُونَ الشَّيْبَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ شَاءَ فَلْيَنْتِفْ نُورَهُ
Barangsiapa memiliki uban di jalan Allah walaupun hanya sehelai, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Kemudian ada seseorang yang berkata ketika disebutkan hal ini: “Orang-orang pada mencabut ubannya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Siapa saja yang ingin, silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat).” (HR. Al Bazzar, At Thabrani dalam Al Kabir dan Al Awsath dari riwayat Ibnu Luhai’ah, namun perowi lainnya tsiqoh –terpercaya-. Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Siapa saja yang ingin, maka silakan dia memotong cahaya (baginya di hari kiamat)”; tidak menunjukkan bolehnya mencabut uban, namun bermakna ancaman.
Rambut uban mana yang dilarang dicabut?
Larangan mencabut uban mencakup uban yang berada di kumis, jenggot, alis, dan kepala. (Al Jami’ Li Ahkami Ash Shalat, Muhammad ‘Abdul Lathif ‘Uwaidah, 1/218, Asy Syamilah)
Apa hukum mencabut uban apakah haram ataukah makruh?
Para ulama Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah berpendapat bahwa mencabut uban adalah makruh.
Abu Dzakaria Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Mencabut ubat dimakruhkan berdasarkan hadits dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya. … Para ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa mencabut uban adalah makruh dan hal ini ditegaskan oleh Al Ghozali sebagaimana penjelasan yang telah lewat. Al Baghowi dan selainnya mengatakan bahwa seandainya mau dikatakan haram karena adanya larangan tegas mengenai hal ini, maka ini juga benar dan tidak mustahil. Dan tidak ada bedanya antara mencabut uban yang ada di jenggot dan kepala (yaitu sama-sama terlarang). (Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 1/292-293, Mawqi’ Ya’sub)
Namun jika uban tersebut terdapat di jenggot atau pada rambut yang tumbuh di wajah, maka hukumnya jelasharam karena perbuatan tersebut termasuk an namsh yang dilaknat.
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لعن الله الربا و آكله و موكله و كاتبه و شاهده و هم يعلمون و الواصلة و المستوصلة و الواشمة و المستوشمة و النامصة و المتنمصة
Allah melaknat riba, pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkannya (nasabah), orang yang mencatatnya (sekretaris) dan yang menjadi saksi dalam keadaan mereka mengetahui (bahwa itu riba). Allah juga melaknat orang yang menyambung rambut dan yang meminta disambungkan rambut, orang yang mentato dan yang meminta ditato, begitu pula orang yang mencabut rambut pada wajah dan yang meminta dicabut.” (Diriwayatkan dalam Musnad Ar Robi’ bin Habib. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Adapun mencabut uban dari jenggot atau uban dari rambut yang tumbuh di wajah, maka perbuatan seperti ini diharamkan karena termasuk an namshAn namsh adalah mencabut rambut yang tumbuh di wajah dan jenggot. Padahal terdapat hadits yang menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat orang yang melakukan an namsh.” (Majmu’ Fatawa wa Rosa’il Ibnu ‘Utsaimin, 11/80, Asy Syamilah)
Kesimpulan
Hukum mencabut uban dapat dikatakan haram karena ada dalil tegas mengenai hal ini, sedangkan mayoritas ulama mengatakan hukumnya adalah makruh. Namun sebagai seorang muslim yang ingin selalu mengikuti petunjuk Nabinya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan agar tidak kehilangan cahaya di hari kiamat kelak, maka seharusnya seorang muslim membiarkan ubannya (tidak perlu dicabut). Dengan inilah dia akan mendapat tiga keutamaan: [1] Allah akan mencatatnya kebaikan, [2] dan menghapuskan kesalahan serta [3] akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia. Namun, jika uban tersebut berada pada jenggot atau rambut yang tumbuh di wajah, maka ini jelas haramnyaWallahu a’lam.
-bersambung pada pembahasan menyemir rambut, Insya Allah-
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/