Khamis, 23 Julai 2015

:: 10 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh ::

share dari link fb ~ FamilyGuide

:: 10 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh ::

Rebung adalah salah satu makanan khas wilayah Asia. Namun demikian, banyak juga orang yang tidak menyukai makanan ini, mungkin karena aroma dan teksturnya yang cukup unik. Padahal rebung menawarkan banyak manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengkonsumsi rebung adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan berat badan
Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.

2. Menurunkan kolesterol
Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mengatasi masalah pernapasan
Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.

5. Menyehatkan pencernaan
Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

6. Melawan kanker
Rebung mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.

7. Menurunkan tekanan darah
Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan. 
8. Melancarkan siklus menstruasi
Apabila siklus menstruasi Anda tidak lancar, cobalah untuk mengonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.

9. Menyembukan bisul dan luka
Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.

10. Memperlancar proses kelahiran
Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran. (Sumber: http://www.artikelkesehatan99.com/
blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan