Sabtu, 15 Mac 2014

[SERINGKALI SUARA HATI NYARIS TAK TERDENGAR]

share dari link fb ~He Who Has No One HAS Allah

Renungan buat diri:

[SERINGKALI SUARA HATI NYARIS TAK TERDENGAR]

Seringkali suara HATI nyaris tak terdengar, 
lantaran tersumbat oleh daki-daki hawa nafsu. Atau terselimuti dosa-dosa dan kemaksiatan. Mungkin, di antara kita pernah menjumpai hari-hari yang terasa gersang, kering, dan tak ada setetes pun kesegaran.

Hidup seperti tak berdenyut dan nyaris tanpa gairah. Begitulah HATI menjadi air muka kita, pahit atau manisnya. Ia juga menjadi ruh kehidupan kita, redup atau terangnya. 

Dalam makna ini, barangkali, kita menghayati penjelasan Rasulullah, bahwa Allah tidak melihat kepada tampilan lahiriah manusia, tetapi melihat kepada isi HATI mereka.

Maka, mengotori HATI dengan dosa, sama artinya dengan memadamkan cahayanya, mengacaukan jernih suaranya, dan memandulkan ketajamannya. Seperti ditegaskan Rasulullah salallahu 'alaihi wasallam,

“Sesungguhnya, dosa-dosa itu bila terus menerus menimpa HATI, maka ia akan menutupinya. Dan bila HATI telah tertutup, akan datang kunci dan cap dari Allah subhanahu wa ta'ala. Bila sudah demikian, tak ada lagi baginya jalan, tidak ada jalan keimanan untuk masuk ke dalamnya, tidak juga jalan kekafiran untuk keluar darinya."

Tidak semua orang bisa mendengar SUARA HATI-nya. Banyak orang silau dengan kehidupan yang kian berwarna. Padahal, kebersihan HATI tidak saja pelita di dunia, tapi juga bekal menghadap Allah subhanahu wa ta'ala. Kelak, ketika manusia diadili di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala, pada hari ketika anak dan harta tidak berguna, hanya HATI yang bersihlah yang bisa mengantarkan manusia menghadap Allah,
“Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan HATI yang bersih." (Asy-Syu’ara: 89)

Saatnya kita sesering mungkin mendengarkan suara HATI, dengan tulus, jujur dan penuh kelapangan. Suara HATI kita, nurani kita, kata HATI kita, adalah jati diri keaslian kita. Akankah kita mengkhianatinya? 

–wallahu’alam-
Kredit: mohrifan87.blogspot

blog saya satu lagi boleh dilawati : http://sharmine205omarshahab.blogspot.com/ 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan